Soal Pilihan Ganda
1. Prinsip evaluasi meliputi hal-hal sebagai
berikut ini kecuali :
a. objektivitas
b. kontinuitas
c. integritas
d. keefektifan
2. Ciri-ciri evaluasi yang baik adalah :
a. keefektifan dan
efisiensi
b. objektifitas dan
integritas
c. keshahihan dan
keandalan
d. komprehensif dan
kooperatif
3. Pernyataan yang benar adalah :
a. kedua pernyataan di
bawah salah
b. evaluasi acuan
patokan unggul dalam pemaparan penguasaan tuntas
c. kekurangannya yakni
pada patokan yang digunakan dan hal itu tergantung pada pertimbangan guru yang
bersangkutan
d. pernyataan di atas semuanya benar
4. Pernyataan yang salah di bawah ini adalah :
a. antara PAP dan PAN,
masing-masing memiliki kelebihan
b. antara PAP dan PAN,
masing-masing memiliki kelemahan
c. pernyataan keduanya
benar
d. pernyataan keduanya
salah
5. Berikut ini pernyataan yang benar adalah :
a. mutu evaluasi
bergantung pada mutu asesmen, termasuk tes dan pengukuran
b. mutu evaluasi
bergantung pada mutu asesmen
c. mutu evaluasi
bergantung pada tes dan pengukuran
d. pernyataan a, b dan
c salah
6. Berikut ini pernyataan yang benar adalah :
a. tes adalah awal
dari evaluasi
b. tes adalah bagian
dari pengukuran
c. tes adalah sebuah
instrumen
d. ketiga pernyataan
benar
7. Diantara bentuk soal berikut, mana yang
paling menguntungkan untuk mengukur sasaran yang meminta siswa mengingat
informasi, tidak hanya mengenalinya :
a. jawaban pendek
b. menjodohkan
c. benar salah
d. pilihan ganda
8. Diantara jenis soal ini, mana yang paling
cocok untuk mengukur perilaku kreatif :
a. penilaian produk
b. benar salah
c. pilihan ganda
d. menjodohkan
9. Dari jenis soal ini, mana yang paling
dihindari sebagai tes satu soal :
a. penilaian produk
b. benar salah
c. pilihan ganda
d. menjodohkan
10. Kalau tes sudah dibakukan, maka tes itu :
a. sudah diuji
lapangan
b. absah
c. mahal
d. merupakan ukuran bakat
11. Aspek-aspek yang menentukan karakteristik
karya tulis, kecuali
a. sikap penulis
b. panjang tulisan
c. struktur sajian
d. penggunaan bahasa
12. Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah
pada umumnya terdiri dari
a. pendahuluan, inti
(pokok pembahasan), dan penutup
b. pendahuluan,
abstrak, bagian inti, simpulan
c. abstrak,
pendahuluan, bagian inti, simpulan
d. abstrak, bagian
inti, penutup
13. Bagian penutup suatu karya tulis ilmia,
pada umumnya menyajikan tentang
a. rangkuman dan
tindak lanjut
b. simpulan umum
c. rekomendasi penulis
d. simpulan dan saran
14. Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat
mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks.
Berikut ini adalah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
a. pendidikan
b. kebudayaan
c. pemulung
d. informatika
15. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap
netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya
tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
a. fakta atau
kenyataan
b. argumentasi
c. teori yang diakui
kebenarannya
d. data empirik/hasil
penelitian
16. Keobyektifan penulis karya tulis
ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
a. resmi
b. baku
c. impersonal
d. personal
17. Komponen suatu karya tulis ilmiah
bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya,
namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen
a. daftar pustaka
b. abstrak
c. daftar tabel
d. lampiran
18. Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya
tulis ilmiah, kecuali
a. memaparkan bidang
ilmu tertentu
b. merupakan deskripsi
suatu kejadian
c. menggunakan gaya
bahasa resmi
d. disajikan secara
sistematis
19. Di antara judul berikut, yang manakah yang
paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah?
a. senjata makan tuan
b. kumbang cantik
pengisap madu
c. pengaruh gizi pada
pertumbuhan anak
d. pengaruh obat bius
yang menghebohkan
20. Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan
karya tulis bukan ilmiah, seseorang dapat mengkaji berbagai aspek tulisan.
Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah
a. sistematika tulisan
b. panjang tulisan
c. ragam bahasa yang
digunakan
d. pengarang
21. Artikel dapat dikelompokkan menjadi
a. artikel laporan dan
artikel rujukan
b. artikel konseptual
dan artikel teoritis
c. artikel hasil
telaahan dan artikel teoritis
d. artikel hasil
laporan dan artikel hasil telaahan
22. Dari sudut ide, salah satu dari empat
faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan tulisan ilmiah yang
berkualitas tinggi adalah
a. kelayakan ide untuk
dipublikasikan
b. wacana tentang ide
yang sedang berkembang
c. kesiapan ide untuk
didiskusikan
d. persamaan persepsi
para ahli di bidang yang sama
23. Tulisan analisis konseptual terdiri dari
a. judul, abstrak,
data, pembahasan, dan referensi
b. judul, abstrak,
pendahuluan, diskusi, referensi
c. judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan
referensi
d. judul, pendahuluan,
temuan, pembahasan, referensi
24. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana
teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat
pada bagian
a. abstrak
b. pendahuluan
c. diskusi
d. referensi
25. Referensi memuat semua rujukan yang
a. pernah dibaca
penulis
b. perlu dibaca
pembaca
c. dimuat dalam badan
tulisan
d. diperlukan dalam
pengembangan tulisan
26. Salah satu dari tiga pertanyaan yang harus
dijawab di bagian pendahuluan adalah berikut ini
a. apa inti
teori/konsep yang dibahas?
b. mengapa konsep itu
dibahas?
c. Apa kesimpulan yang
dapat ditarik?
d. Apa tindak lanjut
yang perlu dilakukan?
27. Salah satu hal yang harus dihindari pada
saat menulis hasil penelitian adalah
a. menjelaskan
partisipan
b. menulis masalah
yang sudah pernah dibahas
c. memecah satu
penelitian menjadi beberapa artikel
d. melaporkan korelasi
yang dibahas dalam penelitian
28. Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang
tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu contoh upaya
untuk menjaga kualitasdari aspek
a. panjang
tulisan
b. nada
tulisan
c. gaya
tulisan
d. bahasa
tulisan
29. Rekomendasi untuk judul adalah
a. 8-10 kata
b. 10-12 kata
c. 12-15 kata
d. 15-30 kata
30. Dalam suatu laporan atau artikel hasil
penelitian, kontribusi
penelitian dapat
dilihat di bagian
a. pendahuluan
b. metode
c. hasil
d. diskusi
1. Jelaskan
bahwa pendidikan jasmani bukan pendidikan untuk jasmani melainkan pendidikan
melalui jasmani
2. Mengapa
tarian sebagai kesenian dapat dipakai sebagai aktivitas pendidikan jasmani?
3. Apa
yang dimaksud dengan kawasan-kawasan:
a. Organik
b. Motorik
4. Jelaskan
pengaruh sikap dalam pembelajaran pendidikan jasmani
5. Jelaskan
faktor yang mempengaruhi tingkat aktivitas anak dalam pendidikan jasmani
6. Jelaskan
dampak positif dari pembelajaran pendidikan jasmani
7. Jelaskan
proses pembelajaran pendidikan jasmani yang berbasis masalah gerak!
8. Jelaskan
konsep pendidikan jasmani menurut Bart Crum!
9. Jelaskan
maksud dari pendidikan jsmani adalah sistem hubungan individu dengan
lingkungan!
10. Apa fungsi
evaluasi secara psikologis ?
11. Apa
alasannya statistika merupakan alat penting dalam proses pengukuran dan
evaluasi ?
12. Pelaksanaan
evaluasi bertitik tolak dari kooperatif, jelaskan maksudnya
13. Bagaimana
langkah-langkah dalam mengidentifikasi masalah
14. Jelaskan
empat langkah dalam siklus PTK
15. Sebutkan
aspek-aspek yang dapat menggambarkan karakteristik suatu karya tulis ilmiahdan
berikan penjelasan singkat untuk setiap aspek. Berdasarkan uraian itu, coba
simpulkan karakteristik karya tulis ilmiah!
16. Secara
umum, struktur sajian suatu karya tulis ilmiah terdiri dari bagian awal, inti,
dan bagian penutup. Coba jelaskan deskripsi masing-masing bagian dan apa
bedanya dengan struktur sajian karya non ilmiah?
17. Jelaskan
mengapa abstrak merupakan bagian terpenting dalam laporan dan artikel
penelitian
18. Sebut
dan jelaskan perbedaan karya tulis ilmiah hasil pemikian dan hasil penelitian!
19. Carilah
salah satu artikel hasil penelitian, telaah unsur-unsur yang terdapat pada
artikel itu!
Selamat berlatih...semoga sukses.
BalasHapus